PROMO IMLEK KLIKHOMES

PROMO IMLEK KLIKHOMES
NIKMATI PROMO INI, WAKTU TERBATAS

Related Post

Asal Usul Dapur

Dapur… kata ini sudah tidak asing lagi di pendengaran kita, semua orang pasti mengenalnya dengan baik. tempat dimana kita biasa melakukan aktifitas memasak dan menyiapkan makanan. Saat ini, teknologi dan desain ruang dapur telah berkembang pesat. Teknik-teknik manual dalam mengolah makanan sudah digantikan oleh teknologi elektrik dan mekanik yang semakin praktis. Namun tak banyak yang tahu bagaimana dapur tercipta pada awalnya. Sebuah rentetan perjalanan panjang menuju terciptanya sebuah dapur akan kita ulas.

Api Unggun - Pemicu Ide Manusia untuk membuat dapur



A. Bermula dari Api Unggun

Menurut para ahli sejarah, ruang dapur bermula dari penggunaan api unggun oleh orang Peking setengah juta tahun yang lalu. Namun, pada awalnya orang-orang Peking tersebut tidak tahu kaitan antara api dengan makanan mentah yang mereka makin.

Tidak lama setelah itu, yaitu kira-kira 75 ribu tahun yang lalu, orang neaderthal secara tidak sengaja menemukan cara memasak daging mentah. Hal ini terjadi ketika mereka sedang menikmati daging mentah, ada potongan daging yang jatuh ke bara api. Lalu mereka mengambilnya untuk dimakan. Ternyata daging yang jatuh di bara api tersebut terasa lebih sedap dan lebih lembut dibandingkan dengan daging mentah.

Banyak yang mengatakan bahwa orang Mesir dan Yunani-lah yang menenukan teknologi dapur, termasuk tempat menyimpan bahan makanan dan masakan. Namun, bangsa Romawi disebut-sebut memiliki ruang dapur yang lebih maju karena sudah dilengkapi dengan perkakas yang hampir sama dengan peralatan dapur pada masa kini. Pada waktu itu. dapur orang Romawi awalnya terletak di tengah rumah yang kemudian dipindahkan ke belakang untuk menghindari resiko kebakaran.  Bahan bakar yang digunakan pada saat itu adalah arang.

Adanya kesulitan saat memanggang atau memasak makanan membuat orang-orang pada masa itu mulai terpikir untuk membuat wadah penampung bahan makanan yang sedang dimasak. Setelah itu, muncullah ide untuk membuat belanga yang dibuat dari bahan tanah liat.

Dibelahan dunia yang lain, tepatnya di Eropa Utara, kegiatan memasak dilakukan di tengah-tengah api unggun yang disusun rapi di dalam rumah. Hal ini sebenarnya sangat berisiko terjadi kebakaran apalagi jika rumah terbuat dari material kayu. Oleh karena itu, kegiatan memasak perlu diawasi terus agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan [s]. < To be continue >


Artikel Terkait :

3 komentar:

  1. Sekarang sih tinggal beli aja keluar enak dan murah lagi jadi ga perlu ada dapur di rumah...

    BalasHapus
  2. begitulah boss, kita bisa mendapatkan makanan dengan mudah, apalagi di jakarta. tidak sedikit penjual makanan yg buka 24jam

    tapi untuk sebagian orang, masakan istri atau masakan rumah lebih enak dan lebih hemat... semuanya kembali ke selera masing-masing, hehe

    yang pasti, dapur adalah perangkat wajib yang harus ada pada setiap rumah yg ideal. untuk melengkapi aktifitas rumah tangga (walaupun hanya di gunakan untuk bikin mie instant atau kopi)

    BalasHapus
  3. peranan dapur sangat tidak begitu penting pada masa modern saat ini.

    BalasHapus

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More