PROMO IMLEK KLIKHOMES

PROMO IMLEK KLIKHOMES
NIKMATI PROMO INI, WAKTU TERBATAS

Related Post

Penempatan Dapur di Bagian Tengah Rumah

Seperti pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas pembuatan dapur di bagian depan rumah termasuk kelebihan dan kekurangannya. Pada artikel kali ini kita akan membahas pembuatan dapur di bagian tengah rumah, dimana banyak bagian-bagian yang harus menjadi pertimbangan.


DAPUR DI BAGIAN TENGAH

Dapur bisa bisa di letakkan di bagian tengah rumah. Ada dua tipikal dapur di tengah rumah, yaitu dapur yang memiliki akses bukaan serta dapur yang tidak memiliki akses bukaan. Dapur yang memiliki akses bukaan adalah dapur yang berhubungan langsung dengan ruang terbuka di tengah-tengah bangunan. Dapur seperti ini lebih fleksibel karena bisa dibuat dapur kering maupun dapur basah. Sementara dapur yang tidak memiliki akses bukaan adalah dapur yang berhubungan langsung dengan ruang terbuka. Posisi dapur ini benar-benar terletak diantara ruang-ruang interiopr yang lain.

Kelemahan dapur di tengah rumah adalah dulitnya memperoleh penghawaan dan pencahayaan alami. Oleh karena itu dapur seperti ini lebih cocok dibuat model dapur kering (pantri). Namun jika ingin menghadirkan dapur basah, sistem penghawaan ruang harus benar-benar direncanakan dengan matang (dengan penempatan cookerhood atau exhaust fan) agar asap dan bau tak sedap yang timbul dari proses memasak dapat terbuang ke luar dan tidak menyebar ke ruang lain.


Dapur tengah (tanpa sirkulasi)       Dapur Tengah (dengan sirkulasi)

Pencahayaan untuk dapur tengah bangunan. Khususnya yang tidak memiliki akses ke ruang terbuka, juga harus diperhatikan. Jika ingin menggunakan pencahayaan alami maka sebaiknya gunakan konsep indirect lighting untuk pencahayaan horisontal maupun skylighting untuk pencahayaan vertikal. Untuk konsep indirect lighting, ruang dapur memperoleh cahaya alami melalui pantulan cahaya dari ruang-ruang lain yang banyak mendapatkan cahaya alami. Oleh karena itu, sebaiknya berikan bukaan pada ruang dapur ke arah ruang yang banyak raihan cahaya tersebut. Cara lain adalah pencahayaan vertikal dengan skylighting atau pembuatan bukaan cahaya di atap dengan memasang genteng kaca ataupun material transparan lainnya pada beberapa bagian atap ruang dapur.

Jika cahaya alami dirasa kurang cukup, tambahan cahaya buatan pun bisa dihadirkan. Penerangan utama dipasang di atas plafond agar cahaya yang dipancarkan dapat menyebar ke seluruh sudut ruang dapur secara maksimal. Sementara penerangan tambahan dapat di pasang di lemari kabinet dengan penempatan-penempatan tersembunyi sehingga menciptakan nuansa ruang dapur yang dramatis dan elegan.

DAPUR DI BAGIAN TENGAN RUMAH
  • Jika memiliki akses bukaan ke luar maka bisa dibuat kombinasi dapur basah dan dapur kering
  • Jika tidak memiliki akses bukaan ke luar maka sebaik nya di buat dapur kering saja. Jika ingin membuat dapur basah maka sistem penghawaan alternatif harus di rancang dengan matang.
  • Jika ruang dapur sulit mendapatkan cahaya alami secara langsungm siasati dengan menggunakan skylighting atau indirect lighting.
  • Jika pencahayaan alami dirasa kurang, bisa ditambahkan cahaya buatan seperti lampu, gunakan lampu yang hemat energi agar lebih efisien.
  • Segera matikan lampu dapur setelah selesai beraktivitas agar lebih hemat penggunaan energi listrik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More